Tips Menghadapi Gempa

3 Apr

Negara kita yang merupakan rangkaian kepulauan dengan rentetan gunung berapi aktif ternyata memang merupakan salah satu dari sekian negara yang seringkali mengalami gempa. Tidak hanya karena gunung berapi, adanya gerakan lempeng bumi yang ada di sekitar negara kita ternyata juga menyumbang ancaman yang tidak boleh kita anggap remeh.

Beberapa kali negara kita diguncang gempa di tahun ini, dan gempa yang melanda sudah banyak sekali mengambil kehidupan saudara di sekitar kita. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi gempa yang ada, atau setidaknya mengurangi dampak yang mungkin muncul jika gempa terjadi

Geology.com membagikan tips yang berguna yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak buruk yang dapat terjadi sebelum, saat dan sesudah gempa.

Sebelum Gempa terjadi:

1. Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri dengan belajar untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi gempa, ingat bahwa gempa muncul seringkali tanpa peringatan dan hal inilah yang membuat seringkali korban jatuh, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan pada saat gempa muncul.

2. Ajarkan kepada seluruh anggota keluarga anda mengenai cara untuk menghadapi gempa bumi. Cara yang ada meliputi:

  • Apa yang Anda lakukan ketika gempa terjadi
  • Pastikan anggota keluarga mengenali tempat kokoh untuk perlindungan seperti di bawah meja yang kuat, sepanjang dinding dalam ruangan, dan
    li>Hindari tempat berbahaya seperti cermin, jendela, perabotan berat dan tempat berbahaya seperti dapur serta di dekat benda yang tergantung di langit-langit

3. Persiapkan suplai darurat seperti: Radio dengan baterai (plus baterai ekstra), senter (dengan baterai ekstra juga), peralatan P3K, air minum dalam botol, makanan untuk dua minggu dan berbagai obat-obatan, selimut, bahan bakar untuk memasak dan peralatan ringan yang bisa Anda gunakan untuk mematikan aliran listrik.

4. Persiapkan rumah Anda, simpanlah benda berat di bagian terbawah dan simpan benda pecah belah di lemari dengan kunci. Hindari menggantung cermin atau lukisan berat di dekat tempat orang berkumpul atau tidur.

5. Jika Ada perlengkapan berat di rumah seperti pemanas air, kulkas dan lemari buku, jangan biarkan barang tersebut bergerak dengan mudah, jika perlu, tanam benda tersebut ke dalam lantai atau ke dinding.

6. Hindari menyimpan bahan bakar atau cairan yang mudah terbakar di dekat sumber api, atau di dekat kompor.

7. Pastikan Anda tahu dan siap mematikan sumber listrik dengan alat yang ada.

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas sebagai persiapan, setidaknya dampak buruk yang terjadi akan berkurang. Sekarang jika tiba-tiba dinding bergetar dan lantai bergerak, apa yang harus Anda lakukan?

1. Jika Anda berada di dalam ruangan, tetap tenang dan tinggal di dalam ruangan. Coba bergeser atau pindah ke tempat yang kuat seperti di bawah meja yang kokoh, atau di dekat tembok ruangan. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari benda yang berjatuhan. Hindari tempat berbahaya seperti jendela, cermin besar, benda tergantung seperti lukisan. Hindari juga perabotan berat dan kompor, segera menjauh dari tempat ini.

2. Jika Anda sedang berada di dapur, segera matikan kompor dan cari tempat berlindung

3. Jika Anda sedang berada di luar ruangan, segera cari tempat lapang terbuka untuk menjauhi benda-benda yang terlempar ke arah anda. Hindari tempat yang dipenuhi pepohonan, kabel listrik dan bangunan tinggi.

4. Jika Anda sedang berada di kendaraan, jangan panik, berhentilah, tapi jangan mendadak dan segera menepi. Jika Anda tetap berada di dalam mobil, tetaplah tinggal di dalam mobil. Jauhi tempat seperti di bawah jembatan, di bawah kabel listrik, di dekat pohon atau rambu dan baliho besar!

Segera setelah gempa selesai, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan:

1. Coba periksa, apakah Anda atau keluarga atau orang di sekitar Anda terluka, jika ada, segera beri pertolongan seperlunya, dan pastikan Anda menjaga keamanan di sekitar anda!

2. Periksa kerusakan yang terjadi. Jika bangunan di dekat Anda rusak parah, segera tinggalkan, biarkan ahli pertolongan atau petugas yang melakukan pemeriksaan

3. Jika Anda mencium bau gas, segera keluarkan semua orang dari ruangan, dan buka lebar-lebar pintu dan jendela. Laporkan kebocoran gas kepada petugas terdekat, dan hindari penggunaan listrik di dekat tempat yang berbau gas bocor tadi, ditakutkan akan memicu ledakan atau kebakaran

4. Jika listrik tidak mati, periksa kembali apakah ada peralatan listrik yang rusak, dan coba cium apakah ada bau terbakar, jika terdeteksi adanya bau seperti ini, atau anda melihat adanya bunga api listrik, segera matikan listrik dari pusatnya.

5. Jika listrik mati, lebih baik Anda lepaskan kabel dari colokan listrik terlebih dahulu, karena ditakutkan jika listrik menyala lagi, beberapa perlengkapan bisa rusak, dan bahkan dapat memicu kebakaran.

6. Jika terdapat genangan air, dekati dengan hati-hati, ditakutkan sengatan listrik dapat mengancam Anda!

7. Segera hubungi saudara terdekat untuk saling memastikan kondisi

Semoga tidak lagi terjadi banyak korban akibat gempa bumi di negara kita ini…. (geology.com/ari)

Iklan

2 Tanggapan to “Tips Menghadapi Gempa”

  1. KikiDeWee 13 April 2010 pada 10:32 am #

    sesuai pengalaman Q,kl gempa tiba2 dtg cpt ambil dompet n hape hehehehe…. 😀

  2. setyantocahyo 15 April 2010 pada 9:38 am #

    dompetnya da isinya ga ky..?? hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: