Anggodo Hebat

21 Apr

ANGGODO Widjojo memang luar biasa. Status tersangka yang disandangnya sama sekali tidak meredupkan kehebatannya. Ia sekarang bahkan berhasil merobohkan rekomendasi Tim 8 yang dibentuk Presiden.

Anggodo adalah tersangka kasus upaya penyuapan dan menghalangi penyelidikan KPK terhadap Anggoro Widjojo, kakak kandungnya yang menjadi buron. Anggodo pun diduga merekayasa terjadinya kriminalisasi terhadap dua Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

Rekayasa itu diperdengarkan dalam sidang Mahkamah Konstitusi yang memperlihatkan kehebatan Anggodo mengatur perkara. Namun, Anggodo dibiarkan bebas. Tangan kepolisian seakan kaku dan beku untuk menjangkaunya hingga KPK menetapkan dia sebagai tersangka.
Kehebatan Anggodo sepertinya tidak dibatasi ruang dan waktu. Dari dalam tahanan, Anggodo masih memperlihatkan cengkeraman pengaruhnya.

Ia berhasil meyakinkan hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Nugroho Setyadi, untuk menggiring kembali Bibit dan Chandra menyandang status tersangka. Bahkan, berkas perkara kedua pemimpin KPK itu harus segera dilimpahkan ke pengadilan.

Hakim Nugroho dalam sidang yang digelar pada Senin (19/4) telah mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Anggodo terkait dengan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKPP) dari kejaksaan terhadap Bibit dan Chandra. Dua pemimpin KPK itu sebelumnya diduga menerima suap, melakukan pemerasan dan penyalahgunaan wewenang. Salah satu alasan dikeluarkannya SKPP adalah pertimbangan sosiologis.

Menurut hakim Nugroho, aspek sosiologis tidak bisa dijadikan alasan untuk penerbitan SKPP. Yang bisa dijadikan alasan hanyalah pasal-pasal dalam undang-undang.

Kasus Bibit-Chandra memang menyedot perhatian publik. Kasus itu bahkan mendorong munculnya 1 juta pendukung Bibit-Chandra melalui ‘Facebook’. Dukungan yang sangat fenomenal yang belum pernah terjadi di negeri ini.

Presiden kemudian membentuk Tim 8 yang beranggotakan tokoh-tokoh yang terhormat serta diketuai pengacara senior Adnan Buyung Nasution. Tim 8 memberikan tiga rekomendasi untuk membebaskan Bibit-Chandra di luar pengadilan. Perinciannya, kepolisian menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) dalam hal perkara ini masih di tangan kepolisian; kejaksaan menerbitkan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKPP) dalam hal perkara ini sudah dilimpahkan ke kejaksaan; atau jika kejaksaan berpendapat bahwa demi kepentingan umum perkara perlu dihentikan, Jaksa Agung berdasarkan asas oportunitas dapat mendeponir perkara itu.

Tapi, kejaksaan memilih alternatif kedua (SKPP), dengan menggunakan pertimbangan sosiologis. Sekarang hakim Nugroho menolak pertimbangan sosiologis itu dan mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Anggodo.

Itu artinya Anggodo luar biasa hebat. Anggodo berhasil merobohkan rekomendasi Tim 8 yang dibentuk Presiden. Anggodo bahkan sukses menghabisi keputusan Presiden yang mengatakan kasus Bibit-Chandra diselesaikan di luar pengadilan. Luar biasa….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: