Kandungan Asam dalam ASI Bunuh Sel Kanker

21 Apr

SUBSTANSI yang terkandung dalam air susu ibu (ASI), menurut klaim peneliti, bisa membunuh sel-sel kanker. Untuk pertama kalinya, komponen yang dikenal dengan Hamlet ini telah sukses diuji coba pada manusia.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of Gothenburg dan Lund University di Swedia ini menemukan, pasien kanker kandung kemih yang ditangani dengan Hamlet berhasil mengeluarkan sel-sel kanker mematikan tersebut melalui air seni. Hasil ini, menurut peneliti, membangkitkan harapan bahwa komponen ini berpotensi menyembuhkan kanker.

Dalam percobaan laboratorium, substansi ini terbukti membunuh 40 tipe sel kanker. Selain itu, Hamlet bekerja tanpa menggangu sel-sel sehat.

Temuan ini merupakan terobosan terbaru yang melibatkan manfaat sehat dari bahan-bahan yang terkandung dalam ASI. Sebelumnya, menyusui dinyatakan bisa mencegah munculnya tumor pada anak.

Dan minggu lalu, peneliti dari Amerika Serikat telah mengungkap bahwa asam laurat dalam ASI bisa membasmi jerawat. ASI bisa menjadi dasar pengobatan baru tanpa efek samping yang seringkali itimbulkan obat-obat tradisional, termasuk bercak-bercak merah di kulit.

Hamlet (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour cells) secara tidak sengaja ditemukan saat peneliti mempelajari komponen antibakteri dari ASI. Substansi ini terdiri dari protein dan asam lemak yang secara alami terdapat dalam ASI. Penelitian-penelitian sebelumnya belum menguji Hamlet pada pasien.

Menurut peneliti Profesor Roger Karlsson dari Gothenburg, Hamlet bisa dikembangkan menjadi obat kanker.”Percobaan laboratorium telah menunjukkan bahwa Hamlet memmbunuh 40 jenis kanker yang berbeda. Sekarang peneliti juga sedang mempelajari efeknya terhadap kanker kulit, tumor di selaput lendir dan tumor otak,” tutur Karlsson, seperti dikutip situs dailymail.co.ok, Selasa (20/4).

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PloS One ini, peneliti mengekstrak Hamlet dari ASI. Hasil ekstrak ini selanjutnya disuntikkan langsung ke dalam tumor.

“Setelah beberapa kali menjalani pengobatan, pasien kanker kandung kemih mengeluarkan sel-sel kanker mematikan tersebut melalui air seni. Hal ini membangkitkan harapan bahwa substansi ini bisa dikembangkan menjadi obat kanker.” (IK/OL-5)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: