Batam Membara

23 Apr

KASUS amuk massa di Tanah Air terjadi lagi. Kali ini melanda pabrik galangan kapal PT Drydocks World Graha di kawasan industri Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi langsung membentuk tim pencari fakta ke PT Drydock World. “Tim akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Batam untuk meneliti kemungkinan terjadinya pelanggaran hak-hak normatif di bidang ketenagakerjaan,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar, kemarin.

Tim dipimpin Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Ditjen PHI dan Jamsos Kemenakertrans Haiyani Rumondang.

Sekitar 1.200 karyawan perusahaan tersebut mengamuk dengan membakar sekitar 25 mobil dan gudang serta merusak gedung pabrik. Asap pembakaran dapat dilihat dari jarak sekitar 5 kilometer.

Bau karbit untuk mengelas besi yang digunakan ratusan pekerja yang mengamuk juga menusuk hidung. Enam karyawan terluka, 4 dari India dan 2 dari Indonesia.

Amuk karyawan dipicu makian dari tenaga kerja asing asal India yang bekerja di pabrik itu terhadap seorang pekerja Indonesia.

Pekerja asal Indonesia marah ketika dikatakan bahwa mereka ‘stupid’ (bodoh) oleh pekerja India bernama Indra itu. Karena merasa harga dirinya dihina, pekerja asal Indonesia tersebut melaporkan hal itu kepada teman-temannya.

Laporan itu langsung menyulut kemarahan pekerja lainnya, yang kemudian mengejar TKA asal India bernama Indra tersebut. “Mereka sombong dan selalu menghina pekerja asal Indonesia,” kata Usman, pekerja PT Drydocks.

Tidak adil

Hal senada dikatakan Aloysius, seorang pekerja Drydocks lainnya. “Ini akibat perlakuan dari perusahaan yang tidak adil. Pekerja asal India selalu diistimewakan, padahal keahlian mereka di bawah keahlian tenaga kerja asal Indonesia. Ini sudah berlangsung lama, dan puncaknya yang kerusuhan ini,” tuturnya.

Selain tunjangan dan gaji yang berbeda sangat jauh, sambung Aloysius, pekerja asal India juga diberi kebebasan oleh manajemen PT Drydocks World untuk melakukan apa saja di lapangan. “Bahkan pekerja asal Indonesia selalu dipukuli bila berbuat salah,” imbuhnya.

Akibat amuk karyawan itu, sekitar 200 tenaga kerja asing (TKA) Drydocks dari berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Inggris, dan Amerika Serikat, diamankan polisi. Hampir 40% atau 80 TKA asal India.

Mereka diangkut ke tempat yang aman dengan menggunakan truk polisi. Keberadaan mereka dirahasiakan polisi dan manajemen perusahaan.

Kapoltabes Barelang Kombes Leonidas Braksan dalam jumpa pers di halaman luar PT Drydocks World mengatakan kerusuhan terjadi karena kesalahpahaman antara pekerja Indonesia dan salah seorang pekerja asing. “Kami berharap masalah ini tidak meluas. Pihak manajemen juga telah berjanji kepada kami untuk menyelidiki masalah ini,” katanya.

Pihak Kedutaan Besar India di Jakarta belum bersedia memberikan keterangan terkait dengan kerusuhan di Batam itu. Mereka mengatakan masih menunggu detail informasi peristiwa tersebut.

Kementerian Luar Negeri (Ministry of Foreign Affairs/MFA) Singapura mengatakan tidak ada warga negara Singapura yang terkena dampak kerusuhan di pabrik PT Drydocks.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

KOLOM KIRI

perjalanan pembalasan idealisme yang ter-patah-kan

Brotoadmojo

Melihat, Mendengar, Merasa, (Kadang) Meraba

NgOPi

Ngawi On Picture

%d blogger menyukai ini: