Gedung-gedung Pencakar Langit di Dunia

24 Apr

DI negara-negara maju, sebuah gedung bertingkat mempunyai prestise tersendiri. Secara tidak langsung gedung ini menjadi penanda sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut, terutama gedung yang mempunyai bentuk dan ketinggian yang tidak biasa.

Berikut ini Gedung-gedung super tinggi atau yang terkenal sebagai gedung pencakar langit di berbagai belahan dunia yang bisa Anda abadikan.

1. Gedung Empire State
Gedung Empire State adalah sebuah gedung pencakar langit yang memiliki 102 lantai yang terletak di Kota New York, Amerika Serikat. Bangunan ini di desain oleh Shereve, Lamb and harmon dan selesai tahun 1931. Sejak pertama dibangun gedung ini telah dikunjungi lebih dari 100 juta orang. Gedung ini juga pernah menjadi latar belakang beberapa film Hollywood seperti “King Kong,” “An Affairs to remember” dan ‘Sleepless ini Seattle.”

2. Menara TV Guangzhou
Gedung yang berada dekat daerah Chigang Pagoda, Distrik Hizhu, Guangzhou, Republik Rakyat cina ini direncanakan beroperasi pada Asian Games 2010. Jika sudah beroperasi, menara ini akan menjadi menara TV tertinggi di dunia dengan ketinggian 2000 kaki (609,6 meter), menggeser menara CN yang telah ada sebelumnya. Bentuk, isi, dan struktur Hyperboloidnya dihasilkan oleh dua elips. Satu sebagai pondasi dasar dan satunya lagi sebagai bidang horisontal imajiner tepat di atas 450 m.

3. Shanghai World Financial Center
Gedung Shanghai World Financial Center ini merupakan gedung tertinggi di Shanghai, China. Di dalamnya terdiri dari kantor, hotel, ruang konferensi, dek observasi, dan mall. Gedung pencakar langit ini mempunyai ketinggian 492 m. Di tahun 2007, lantai 40 dari gedung ini pernah mengalami kebakaran namun tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Pembangunan gedung ini juga sempat tertunda akibat krisis keuangan Asia di tahun 1998.

4. Menara Willis
Menara Willis dahulu dikenal sebagai Sears Tower yang mempunyai ketinggian 527 m. Gedung ini terletak di Chicago, Illinois. Menara ini dibangun oleh konglomerat bisnis, Sears, Roebuck and Company. saat selesai dibangun tahun 1973, menara ini merupakan gedung tertinggi di dunia. Di tahun 2007 menara ini pernah akan dihancurkan oleh tujuh orang yang kemudian berhasil di tahan oleh FBI.
Tahun 2009 lalu, pemilik gedung yang baru mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan rencana untuk mengecat perak strukturnya. Cat ini nantinya akan mengubah citra gedung serta menyoroti kemajuan dalam efisiensi energi. Estimasi biayanya sekitar 50 juta Dolar.

5. Menara Jin Mao
Menara Jin Mao merupakan salah satu menara tetinggi di China dengan ketinggian 1.381 kaki (420 m). Gedung pencakar langit yang terdiri dari 88 lantai ini berada di distrik Pudong, Shanghai, Republik Rakyat Cina. Bersama Menara Oriental Pearl, gedung ini menjadi pusat Skyline di Pudong. Gedung yang menelan biaya produksi 530 juta Dolar ini di desain oleh Chicago office of Skidmore, Owings dan merril. Bangunan ini juga menganut gaya postmodern namun tetap mengandung unsur budaya Cina dengan bentuknya yang seperti Pagoda.

6. Menara Kembar Petronas
Menara kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia ini selesai dibangun pada tahun 1998 dan sempat menjadi gedung tertinggi di dunia sampai tahun 2004 namun kemudian dikalahkan oleh menara Taipei 101. Menara kembar dengan 88 lantai ini sebagian besar dibangun dengan tulang beton baja dan topeng kaca untuk menyerupai motif yang ditemukan di seni Islam dan juga menara ini mempunyai penghubung berupa lorong yang ada di lantai 42  Anda juga bisa melihat Skyline Kuala Lumpur dari menara yang dirancang oleh Arsitek Cesar Pelli dan Djay Cerico dibawah konsultan Julius Gold.

7. Menara Taipei 101
Menara yang memiliki 101 tingkat ini berada di distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Menara yang dibangun tahun 1999 ini merupakan gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa dengan didesain oleh C.Y lee and partners. Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Selain itu gedung ini juga dirancang tahan topan dan gempa bumi.

8. Two International Finance Center
Menara ini merupakan sebuah pengembangan komersial terpadu di tepi Hong Kong, distrik tengah. IFC terdiri dari dua gedung pencakar langit, Mall IFC, dan 55-lantai Four Seasons Hotel Hong Kong. Menara ke-2 adalah bangunan tertinggi di Hong Kong. Ini merupakan gedung ketiga tertinggi di kawasan Cina Daratan dan gedung perkantoran tujuh tertinggi di dunia. Gedung pertama selesai dibangun tahun 1998 dengan ketinggian 210 m sedangkan gedung kedua selesai dibangun 2003 dengan total ketinggian 415 m.

9. Burj Khalifa
Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat manusia dengan ketinggian 2.717 (828 m). Menara yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab ini mulai dibangun tahun 2004 dan diresmikan pada 4 Januari 2010. Total biaya yang dikeluarkan untuk membangun gedung yang diarsiteki Adrian Smith at SOM ini adalah 1,5 Miliar Dolar.
Sistem air di Khalifa Burj membutuhkan persediaan rata-rata 946.000 liter air per hari dan juga untuk membersihkan jendela sebanyak 24.348 buah dibangun sebuah trek horisontal yang dipasang sebagai ekksterior gedung di lantai 40, 73, dan 109. Setap trek menahan 1.500 kg bucket machine yang bergerak horisontal lalu vertikal menggunakan kabel yang super tebal.(*/OL-5)

Iklan

5 Tanggapan to “Gedung-gedung Pencakar Langit di Dunia”

    • setyantocahyo 25 April 2010 pada 7:46 pm #

      aq pesimis mas..soalnya uang negara habis ga karuan..xixixi…….

      slm kmbali..

      • Thomas 26 April 2010 pada 12:11 am #

        setuju….uang pajak aja dikemplang…..

  1. Cempaka 25 April 2010 pada 8:48 pm #

    Uangx abis, Gara2 si markus tuh 😀 haha

    nice info, keep share 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: