Ibu setengah baya dan Kotak amal

4 Mei

Pemandangan ini selalu mengganggu pikiranku setiap kali mampir di Pom Bensin di daerahku. Pemandangan itu tak lain adalah ibu2 setengah baya dengan dandanan  muslimah cukup rapi dan keren yang selalu menenteng kotak amal.

Dia selalu mangkal disitu dari pagi hingga sore hari , setiap kendaraan yang masuk mengisi bensin tak satupun lepas dari pengawasannya.

Dengan mengatas namakan sumbangan amal untuk pembangunan tempat ibadah ia samper setiap kendaraan dan tak lupa menyodorkan kotak amalnya.

Padahal sudah sering dibahas loh fenomena semacam ini baik di Tv maupun koran tentang adanya sindikat terselubung yang mencari keuntungan pribadi dengan dalih sumbangan amal..

Dan kayaknya masyarakat luas sudah pada tahu, dan trauma dengan memberikan sumbangan model begini.

Yang aku tak mengerti kok ibu2 itu masih juga melakukannya , apakah dia tak tau informasi atau tak paham kalau kegiatannya itu sudah tak populer lagi.

Karena  sekarang kebanyakan orang jika ingin beramal lebih suka menyerahkan secara langsung ke panitia pembangunan masjid / mussolla atau  pengurus  panti asuhan , dari pada lewat perorangan yang tidak jelas.

Aku juga tidak mau suudzon dengan kegiatan ibu2 itu , jangan-jangan dia memang rela habiskan waktu dari hari ke hari demi kebaikan, klau benar  maka aku berdosa.   Wallahualam….

Jadi menurut para sahabat ini bagaimana, kok fenomena yang begini masih saja ada di jalan jalan……

Iklan

12 Tanggapan to “Ibu setengah baya dan Kotak amal”

  1. bluethunderheart 4 Mei 2010 pada 11:33 pm #

    semoga kita selalu memberikan senyum serta berpikir yg positif saja y,kawan
    salam hangat dari blue

    • setyantocahyo 4 Mei 2010 pada 11:50 pm #

      sama sama mas…
      memang senyum adalah salah satu bentuk ibadah..

      makasih atas kunjungannya …
      mhn ijin linknya dah saya pasang.

  2. M Mursyid PW 5 Mei 2010 pada 12:40 am #

    Gimana ya? Terus terang, biasanya saya ngisi kotak amal tersebut kalau peruntukannya jelas (misal utk pembangunan masjid/mushalla sekitar).

    • setyantocahyo 5 Mei 2010 pada 9:04 pm #

      bnr pak guru …kita beramal untuk yg jelas2 ajalah…hehe..

      makasih atas kunjungannya..

  3. bayuputra 5 Mei 2010 pada 8:39 am #

    wah untuk menyikapi masalah ini saya juga suka bingung … banyak orang yang menyalah gunakan .. berdalih untuk pembangunan tempat ibada atau untuk anak2 Yatim Piatu ternyata malah di makan sendiri uangnya …
    kejadian ini membuat orang ragu dan malas untuk menyumbang …

    • setyantocahyo 5 Mei 2010 pada 9:08 pm #

      klau sdh begini ..tinggal hati nurani yg bicara ya mas? hehe..

      thanks atas kunjungannya
      salam.

  4. bayuputra 5 Mei 2010 pada 8:41 am #

    Kalu bagi saya .. selama saya ada uang saya akan menyumbang saja .. dengan catatan IKLAS .. uangnya mau di gunakan benar atau salah kalau IKLAS pasti ada Rezeki / Pahala dari Tuhan Yang Maha Esa … Bukankah Berbagi itu INDAH…

  5. ian abuhanzhalah 5 Mei 2010 pada 11:16 am #

    iya si pak..sekarang ini yang minta sumbangan itu udah pada gak jelas
    bukannya mau suuzhan tapinya memang keadaanya kaya gitu mau gimana lagi..tapi ya tidak terlepas dari fakta itu kalau kita mau ngasi uang y silakan ada pahala dari Alloh kalao kita ikhlas dan kalau pun tidak mau ngasi y tidak apa-apa kasih aja penolakan halus. maaf dan senyum..

    salama pak setya 🙂

    • setyantocahyo 5 Mei 2010 pada 9:14 pm #

      tindakan yg ckp bijak mas…hehe..

      salam kmbali.

  6. Danu Akbar 5 Mei 2010 pada 7:00 pm #

    iya..
    saya juga ragu kalo mau ngasih ibu2 yang kayak gitu.
    tapi rasa iba g bs dielakkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: