Mitos dan Fakta Seputar Gangguan Tidur

15 Mei

MediaIndonesia.KURANG tidur berkaitan dengan beragam gangguan penyakit. Akan tetapi, banyak orang yang mengabaikan pernyataan tersebut dan menganggapnya mitos semata. Apa saja yang Anda ketahui mengenai gangguan tidur? Berikut beberapa mitos dan fakta seputar gangguan tidur yang bisa menambah pemahaman Anda.

Gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan depresi tidak berkaitan dengan durasi dan kualitas tidur.
Mitos: Semakin banyak studi ilmiah yang menunjukkan hubungan antara kualitas tidur yang buruk/kurang tidur dengan beragam penyakit, termasuk hipertensi, diabetes dan depresi. Sebagai contoh, kurang tidur bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin, yang bisa memicu perkembangan diabetes. Selain itu, kurang tidur juga mengganggu pengeluaran hormon pertumbuhan, yang berkaitan dengan obesitas. Ketika jumlah sekresi hormon menurun, kemungkinan mengalami pertmbahan berat badan meningkat.

Semakin tua, Anda memerlukan jam tidur yang lebih sedikit pula.
Mitos: Pakar tidur menganjurkan agar rata-rata orang dewasa tidur sebanyak tujuh hingga sembilan jam semalam. Pola tidur akan berubah seiring dengan penuaan, tapi durasi tidur yang diperlukan tidak berubah. Orang lanjut usia mungkin lebih sering terbangun di malam hari dan mulai kurang tidur. Tapi, durasi tidur yang mereka perlukan tidak berbeda dengan orang dewasa muda.

Mendengkur merupakan gangguan tidur yang umum dan bisa berbahaya.
Fakta: Mendengkur bisa menjadi pertanda sleep apnea, gangguan tidur yang dikaitkan dengan masalah medis lainnya, seperti penyakit jantung. Sleep apnea ditandai dengan serangkaian pengurangan atau berhentinya aliran nafas sepanjang malam. Orang dengan sleep apnea kemungkinan sering terbangun di tengah malam dalam kondisi terengah-engah.

Anda bisa mengurangi jumlah tidur.
Mitos: Pakar tidur menyatakan, sebagian besar orang dewasa perlu tidur antara tujuh dan sembilan jam untuk mendapatkan performa, kesehatan dan keamanan optimal. Mengurangi jam tidur pada akhirnya perlu diganti dengan tidur di beberapa malam berikutnya. Tubuh kelihatannya tidak bisa terbiasa dengan jam tidur kurang dari jumlah yang diperlukan.

Remaja perlu tidur lebih lama dibandingkan orang dewasa.
Fakta: Remaja perlu tidur paling tidak delapan setengah hingga sembilan seperempat jam per malam. Jumlah ini lebih besar dibandingkan rata-rata jam tidur yang diperlukan sebagian besar orang dewasa (tujuh hingga sembilan jam). Jam biologis internal remaja bisa membuat mereka terjaga lebih lama di malam hari dan mengganggu jam bangun di pagi hari.

Insomnia hanya ditandai dengan gejala susah tertidur.
Mitos: Insomnia tidak hanya ditandai oleh gejala sulit tertidur. Gangguan tidur ini juga ditandai dengan bangun terlalu cepat dan tidak bisa tidur kembali, sering terbangun dan bangun pagi dengan perasaan lelah.

Ngantuk siang hari merupakan pertanda kurang tidur.
Mitos: Meskipun ngantuk di siang hari seringkali muncul saat Anda kurang tidur, kondisi ini juga bisa terjadi bahkan setelah tidur malam yang cukup. Rasa ngantuk ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan lain atau gangguan tdiur seperti narkolepsi atau sleep apnea.

Otak ikut istirahat saat Anda tidur.
Mitos: Tubuh istirahat selama tidur. Meskipun begitu, otak tetap aktif, mengisi ulang, dan masih mengontrol banyak fungsi tubuh termasuk pernafasan.

Jika terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi, Anda sebaiknya keluar dari kamar tidur dan melakukan aktivitas lain.
Fakta: Terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi merupakan gejala insomnia. Memikirkan sesuatu yang menenangkanmungkin bisa mengundang rasa ngantuk. Akan tetapi, sebagian besar pakar sepakat bahwa jika tidak bisa tidur dalam waktu 15 hingga 20 menit, Anda sebaiknya keluar dari tempat tidur. Pergilah ke ruangan lain dan lakukan aktivitas yang bisa menenangkan, seperti mendengarkan musik atau membaca. Jangan perhatikan jam. Kembalilah tidur jika Anda mulai lelah. (IK/OL-08)



Iklan

15 Tanggapan to “Mitos dan Fakta Seputar Gangguan Tidur”

  1. yangputri 15 Mei 2010 pada 3:48 pm #

    Nice inpo mas cahyo tapi diriku adalah orang yang mudah tertidur, kata orang mah aku kena serangan penyakit pelor alias nempel langsung molor hehe

  2. kang ian 15 Mei 2010 pada 6:52 pm #

    nice info pak..
    saya sering begadang nih tapi apakah saya insomnia saya juga g tau ^^
    salam

    • setyantocahyo 15 Mei 2010 pada 7:27 pm #

      tau insomnia atau gak tentu klau sudah melalui diagnosa yg benar mas…hehe…

      salam.

      • kang ian 16 Mei 2010 pada 12:42 am #

        diagnosanya ke dokter y pak..jangan ke dukun heheh

  3. antokoe 15 Mei 2010 pada 11:34 pm #

    tidur yang penting cukup, dan cukup ukurannya berbeda setiap orang

    • setyantocahyo 16 Mei 2010 pada 10:39 am #

      terima kasih atas kunjungannya…

      salam kenal mas.

  4. Masdin 16 Mei 2010 pada 10:31 am #

    Wih… nyenyak benar tidurnya yang digambar tuh, pake senyum-senyum segala lagi, hehehe

    • setyantocahyo 16 Mei 2010 pada 10:48 am #

      mou ikutan?? gabung ja mas…
      gi butuh tmn tu..hehehe…

  5. achoey 16 Mei 2010 pada 10:55 am #

    Kalau saya kadang susah tidur
    Kalau dah tidur, alhamdullah biasanya nyenyak 🙂

    • setyantocahyo 16 Mei 2010 pada 11:50 am #

      asal jangan lba stel hp ja mas..
      biar ga kesiangan..hehehe…

      salam.

  6. rainbroccoli 18 Mei 2010 pada 10:31 am #

    Nice posting.. 🙂
    Kadang saya suka rada susah tidur malem nih
    dan pagi-pagi udah kebangun..
    Tersiksa juga sih.. 😦

    • setyantocahyo 18 Mei 2010 pada 11:07 am #

      pagi2 bawaannnya ngantux ya mas..??
      hehe..

      salam.

  7. cuatcuitcom 9 Maret 2016 pada 4:44 am #

    bagus juga artikelnya.
    tapi mas bagaimana kalo gangguan tidur yang mitosnya ketindihan jin? apakah faktanya benar bahwa tiudrnya ketindihan jin..

    • setyantocahyo 19 Mei 2016 pada 11:53 pm #

      mimpi hanyalah bunganya tidur… itu hanya mitos..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: