Apakah Tuhan menciptakan kejahatan..?

28 Jun

Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada? Apakah kejahatan itu ada? Apakah Tuhan menciptakan kejahatan?

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan ini, “Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?”.

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, “Betul, Dia yang menciptakan semuanya”. “Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor sekali lagi. “Ya, Pak, semuanya” kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab, “Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan.”

Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, “Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?”

“Tentu saja,” jawab si Profesor

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, “Profesor, apakah dingin itu ada?”
“Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?” Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

Mahasiswa itu menjawab, “Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.
Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

Mahasiswa itu melanjutkan, “Profesor, apakah gelap itu ada?” Profesor itu menjawab, “Tentu saja itu ada.”

Mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi anda salah, Pak.Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, “Profesor, apakah kejahatan itu ada?”

Dengan bimbang professor itu menjawab, “Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan.”

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi Anda salah, Pak. Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.”

Profesor itu terdiam.

Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein.

=================================================
Sumber : Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi, Idea Press, Yogyakarta. pp. 84-86. ISBN 978-6028-686-402.

*Gambar diambil dari sini.

Iklan

18 Tanggapan to “Apakah Tuhan menciptakan kejahatan..?”

  1. Usup Supriyadi 28 Juni 2010 pada 12:43 pm #

    Saya pernah baca kisah ini, memang menarik..

    NB : Pak Cahyo, tolong kirimkan kode pos alamatnya ya. hehehe…yang kemarin Pak Cahyo kirim sepertinya terlupa untuk mencantumkan kode posnya. Maaf…terima kasih…

    • setyantocahyo 28 Juni 2010 pada 3:06 pm #

      iya…saat itu aq pas lupa mas.., iya deh nanti diusahakan…

      termakasih mas…

  2. gerhanacoklat 28 Juni 2010 pada 3:33 pm #

    wowww
    that s why einstein is very genius.

    filsafatnya begitu dalam
    keren mas cahyo 😀

    • setyantocahyo 28 Juni 2010 pada 5:15 pm #

      thanks mba jul…
      itulah ternyata Einstein tdk hanya pakar ilmu pasti saja .. tapi dalam filsafat juga..

      thanks atas kunjungannya..
      salam.

  3. Siti Fatimah Ahmad 28 Juni 2010 pada 3:36 pm #

    Assalaamu’alaikum Mas Cahyo

    Saya sangat tertarik dengan diskusi ilmu di atas. ternyata albert Einstein selalu menemu Tuhan dala hatinya walau kita tahu dia bukan seorang muslim secara zahirnya tetapi kita tidak tahu secara bathinnya. Begitu juga dengan penemuan teori hentaman terbantuknya alam jagat ini yang ditemui oleh Einstein yang mana beratus-ratus tahun sebelumnya tidak diakui akan kejadiannya.

    Jika kita merujuk kepada surah al-Balad, Allah menjelaskan bahawa Dia memberikan manusia dua jalan kehidupan iaitu baik dan buruk, maka pilihlah mana jalan yang dikehendaki. Dengan akal yang dikurniakan, manusia disuruh membuat pilihan sendiri agar tidak menyalahi Allah sebagai sebab musabab kepada setiap perbuatan baik dan buruk yang dilakukannya.

    Mudahan kita selalu berada dalam hidayah Allah dan bersyukur dengan segala nikmatnya. Segala keampunan dipohon ke hadrat Allah jika banyak kesiapan dan kejahatan yang dilakukan sepanjang nafas ini berdegus dan jantung ini berdetak. amiin. Ya Rabb.

    terima kasih telah berbagi ilmu yang bermanfaat ini mas. Salam mesra dari saya.

    • jack 17 Desember 2010 pada 7:11 pm #

      menurut saya,kejahatan itu ada dan allah yang menciptakan, gelap itu ada dan allah yang menciptakan, dingin itu ada dan allah yang menciptakan. dan kesemuannya itu adalah sebagai ujian bagi seluruh manusia, wa min aayaatihi laayaatal liqaumi ya’lamuun. …sekali lagi albert einstein salah, karena sesuatu yang ada tidak akan disebut tidak ada dengan ketidak sempurnaan adanya. bagaimana bisa dikatakan gelap dan dingin itu tidak ada padahal dirasakan dan di saksikan. profesor manapun akan meyakini kalau setiap sesuatu adalah proses kesinambungan yang menjadikan sesuatu itu ada dan bagaimana mungkin si bego itu mengatakan gelap dan dingin itu tidak ada hanya karena proses.

      si profesor pun telah salah dengan berkesimpulan kalau tuhan itu jahat karena telah menciptakan kejahatan. padahal tidak setiap buah dari diciptakannya kejahatan ini adalah suatu hal yang buruk untuk manusia. apakah akan ada kebaikan jika t…idak ada kejahatan ibarat tidak akan ada yang namanya siang kalaulah tidak ada malam alias tidak ada yang namanya cahaya kalu gelap itu tidak diketahui. keseimbangan dan kesempurnaan ciptaan allah adalah sebagai ujian antara satu bagian dengan bagian lainnya. apakah ketika allah menciptakan iblis yang jahat memiliki artian allah tidak ada? keduanya tetap ada dengan berlainan arah seruan. bersyukurlah karena allah memberikan kita akal sebagai bayyan.

  4. setyantocahyo 28 Juni 2010 pada 5:28 pm #

    Waalaikum salam Bunda..
    sebagai tolok ukur buat kita.. dia yang bukan muslim saja begitu, apalagi kita yang sebagai orang muslim harus lebih tebal lagi dalam hal memahami masalah ketuhanan, tak lain adalah Lailahailallah…, tiada tuhan selain Allah.., Allah yang maha tunggal , Allah yang maha besar…musti benar2 kita yakini tak ada tawar menawar lagi..
    semoga kita selalu dibawah hidayahNya dalam kita memelihara keimanan ini amiin.

    salam mesara kembali .

  5. ween 28 Juni 2010 pada 6:24 pm #

    sederhana
    semua orang yang tahu, semua orang menyadarinya
    tetapi sedikit keinginan akan lebih menguasai, dan tentu saja membenarkan ketiadaan Tuhan…..

    sebuah perkataan dan pernyataan yang patut kita renungkan
    Tuhan memang benar2 ada………….

  6. setyantocahyo 28 Juni 2010 pada 7:10 pm #

    bang ween terima kasih dah berkunjung dan juga koment ya.

    tak ada sedikitpun yang meragukan ttg keberadaan Tuhan bang..smoga kita termasuk orang yg sll mendapatkan hidayahNya…amiin.

    salam kenal ya bang…
    n tukeran link ya..
    trims.

  7. Abdul Ghofur 30 Juni 2010 pada 9:51 pm #

    Assalamu’alaikum mas
    Lanjutan ceritanya apakah Einstein menggantikan si prof yang dungu itu?

  8. kang ian 2 Juli 2010 pada 11:33 am #

    waw..itu enstein yah yang jawab gitu? hebat 😀

    • setyantocahyo 2 Juli 2010 pada 8:43 pm #

      kang ian jga lbh hebat dari enstein dlm hal ngeblog….hehe…
      setiap manusia punya kelebihan masing2 kang…….

      salam hangat sll.

      • Fazlin 9 Desember 2010 pada 2:59 am #

        TUHAN benar-benar sayang sama keturunan Nabi-
        IBRAHIM………….

      • setyantocahyo 23 Desember 2010 pada 4:10 pm #

        trims dah berkunjung…
        salam kenal.

  9. Fazlin 9 Desember 2010 pada 3:09 am #

    Dunia ini berserta isinya diciptakan hanya karena
    Nabi IBRAHIM……

    SalamMu :Ibrahim,Musa,Isa AL-masih,dan Muhammad

    • setyantocahyo 23 Desember 2010 pada 4:13 pm #

      Allah Maha Besar…semua hal tercipta baik maupun buruk adalah atas kehendakNya…

  10. jack 17 Desember 2010 pada 7:04 pm #

    kejahatan itu ada dan allah yang menciptakan, gelap itu ada dan allah yang menciptakan, dingin itu ada dan allah yang menciptakan. dan kesemuannya itu adalah sebagai ujian bagi seluruh manusia, wa min aayaatihi laayaatal liqaumi ya’lamuun. …sekali lagi albert einstein salah, karena sesuatu yang ada tidak akan disebut tidak ada dengan ketidak sempurnaan adanya. bagaimana bisa dikatakan gelap dan dingin itu tidak ada padahal dirasakan dan di saksikan. profesor manapun akan meyakini kalau setiap sesuatu adalah proses kesinambungan yang menjadikan sesuatu itu ada dan bagaimana mungkin si bego itu mengatakan gelap dan dingin itu tidak ada hanya karena proses.

    si profesor pun telah salah dengan berkesimpulan kalau tuhan itu jahat karena telah menciptakan kejahatan. padahal tidak setiap buah dari diciptakannya kejahatan ini adalah suatu hal yang buruk untuk manusia. apakah akan ada kebaikan jika t…idak ada kejahatan ibarat tidak akan ada yang namanya siang kalaulah tidak ada malam alias tidak ada yang namanya cahaya kalu gelap itu tidak diketahui. keseimbangan dan kesempurnaan ciptaan allah adalah sebagai ujian antara satu bagian dengan bagian lainnya. apakah ketika allah menciptakan iblis yang jahat memiliki artian allah tidak ada? keduanya tetap ada dengan berlainan arah seruan. bersyukurlah karena allah memberikan kita akal sebagai bayyan.

    • setyantocahyo 23 Desember 2010 pada 4:19 pm #

      einstein adalah manusia biasa …tak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanyalah milik Allah semata…

      terima kasih dah berkunjung dan koment ya….

      salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pabrik tentang tempe

Kondisi produksi sehari-hari

PrimeEdges

Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

CahayaCahya

Selalu bersinar, Selalu menerangi

Sepakbola & Kehidupan

"Menelaah hidup dari sepakbola...." (roysemut)

Ramlannarie's Blog::...

Iseng-iseng bermanfaat, bisa menambah sedikit ilmu, dan pengetahuan tentang pendidikan dan lainnya......

kelautaje

dan biarkanlah laut tetap membiru...

Info rumah & properti

Informasi rumah sekitar selatan jakarta, rumah jabodetabek, rumah minimalis, townhouse, rumah baru, rumah seken, rumah lokasi strategis, harga murah, harga terjangkau

Endahsetyolaras's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sitsetsut's Blog

blog anak muda yang selalu ceria...

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mataku adalah Matamu

Balikpapan Tempat Cari Makan

LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2

Menulis Untuk Perkongsian Bijak

Kang Arip - Gudang Ilmu

Sharing Ilmu - Diskusi Ilmu - Penyimpanan File

Just Share

Berbagilah selama Anda masih memiliki sesuatu untuk berbagi. Karena hidup ini akan terasa lebih indah jika setiap orang saling mengerti antara satu dengan yang lain..

Refleksi Sosial

Rosyidi Hamzah

Blog Fisika Pak Teguh Pekalongan

Berbagi Informasi tentang Media Pembelajaran Fisika, IPA, dan TIK

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

%d blogger menyukai ini: